English Version | Bahasa Indonesia

Opinion

  • Tahta untuk Rakyat: Mengungkap Makna, Membuka Wacana

    July 02, 2011 13:37
    Tulisan ini adalah cuplikan sambutan Sri Sultan Hamengku Buwono X pada peluncuran kembali buku "Tahta Untuk Rakyat, Celah-celah Kehidupan Sultan Hamengku Buwono IX" di Jakarta 25 Juni 2011.»

  • Monarki, Demokrasi dan Konstitusi

    January 04, 2011 13:56
    Pernyataan ?Jakarta?, yang mengatakan bahwa sistem monarki jangan sampai menabrak konstitusi, tentu saja sangat memukul. Pernyataan tersebut menimbulkan kesan, seakan-akan di DIY selama ini bekerja sistem monarki. Benarkah demikian kenyataan yang ada? Monarki Kamus Umum Bahasa Indonesia mengatakan bahwa monarki ...»

  • Kraton Yogyakarta Ibarat Bendera Merah Putih

    December 07, 2010 12:59
    REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA--Pakar budaya Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Prof Dr Heddy Shri Ahimsa Putra mengatakan, polemik yang terjadi antara pemerintah pusat (presiden SBY) dengan Yogyakarta (Kraton) berawal dari adanya perbedaan interpretasi antara kedua belah pihak tentang istilah monarkhi dan bukan.»

  • Kontroversi Monarki Konstitusi

    December 06, 2010 16:55
    Apabila dicermati, statement SBY tentang RUUK-DIY agar disusun dengan tetap bertumpu pada nilai-nilai demokrasi, tetap menjaga keutuhan NKRI serta tetap menghormati prinsip-prinsip keistimewaan DIY, sehingga jangan sampai ada monarki konstitusi dalam negara demokrasi menarik untuk dikaji dan melahirkan isu kontroversi ...»

  • Amnesia Sejarah

    December 06, 2010 16:52
    Mendadak demokrasi prosedural hendak ?menceraikan? Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Republik Indonesia. Ini terjadi terkait pernyataan bahwa sistem monarki yang melekat pada Pemerintah DIY bertentangan dengan demokrasi. Pernyataan itu mendudukkan DIY sebagai ?terdakwa?: anomali di tengah demokrasi. Jika tidak ...»