English Version | Bahasa Indonesia

Opinion

  • Kori Kamandungan, Tak Sekadar Gerbang Masuk Keraton

    September 17, 2011 10:41
    Jika kita memasuki kompleks Keraton Solo, setelah kita melalui Jalan Supit Urang di sisi Pagelaran dan Sitihinggil di bagian depan, kita lantas akan mencapai sebuah gerbang besar menembus dinding benteng. Setelah gerbang itu, kita akan menemukan medan terbuka di depan sebuah bangunan berteras. Di bangunan itulah ...»

  • Radya Pustaka: Ironi Sebuah Museum

    May 09, 2011 09:01
    ?Mbah, hari yang termasuk sampar wangke itu hari apa?? ujar seorang anggota reserse Kepolisian Kota Besar Surakarta kepada KRH Darmodipuro (69), yang lebih akrab dengan panggilan Mbah Hadi. Istilah sampar wangke dan tali wangke ditujukan sebagai hari naas yang harus dihindari. Mbah Hadi, yang di-KTP-nya disebutkan ...»

  • Sri Susuhunan Pakubuwono V yang Eksentrik

    May 09, 2011 08:57
    Serat Centhini atau Suluk Tambangraras tidak bisa dipisahkan dari sosok Sri Susuhunan Pakubuwana V, raja Kasunanan Surakarta Hadiningrat Surakarta Hadiningrat yang bertahta pada periode 1820-1823. Bukan hanya karena isi dari serat tersebut yang menunjukkan gaya penuturan kontemporer (pada zamannya), melainkan juga ...»

  • Keraton Surakarta Hadiningrat: Tata Ruang, Arsitektur dan Maknanya

    May 09, 2011 08:51
    Selama tahun 1680-1745, Keraton Kartasura Hadiningrat menjadi pusat Kerajaan Mataram Islam di Jawa Tengah. Tapi karena keraton hancur, sejak tanggal 17 Februari 1745, Susuhunan Pakubuwono II dan keluarganya pindah ke keraton baru yang berlokasi di sebuah desa di tepi Sungai Bengawan bernama desa Solo. Keraton itu ...»