English Version | Bahasa Indonesia

Istana Sayap Terbakar

February 22, 2012 10:39



Istana Sayap, sebelum terbakar

Istana Sayap Kesultanan Pelalawan yang terletak di Kelurahan Pelalawan, Kecamatan Pelalawan, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau mengalami kebakaran pada Minggu, (19/02) sekitar pukul 19.00 WIB. Akibat kebakaran ini, beberapa ruangan mengalami kerusakan parah, bahkan, ratusan benda pusaka peninggalan Kesultanan Pelalawan ikut musnah dilalap api. Meskipun tidak menimbulkan korban jiwa, namun kerugian akibat kebakaran ini ditaksir menyentuh angka milyaran rupiah.

Beberapa ruangan yang terbakar adalah gedung istana utama, singgasana Sultan Pelalawan, ruangan galeri, dan bangunan di belakang istana sebagai tempat untuk meletakkan peralatan dapur. Sedangkan berbagai benda pusaka yang ikut terbakar, antara lain pedang, tombak, puluhan keris, pistol, meriam, piring kesultanan, singgasana Sultan Pelalawan, gelang tuan putri asli terbuat dari tembaga, almari, buku sejarah, tempat tidur, serta berbagai benda berharga lainnya.

Dugaan sementara, kebakaran diakibatkan karena hubungan arus pendek (konslet) sebuah trafo yang terletak di ruang bagian tengah, antara dapur dan ruang utama istana. Dugaan ini dikuatkan oleh beberapa saksi mata, salah satunya adalah Tengku Rosmanudin yang menuturkan bahwa usai Sholat Magrib, dirinya mendengar ada suara letusan yang berasal dari Istana Sayap. Ketika sampai di lokasi, ia melihat api sudah melalap istana yang sebagian besar terbuat dari kayu tersebut.



Istana Sayap, setelah terbakar (http://foto.detik.com)

Dua tim pemadam kebakaran dari PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) segera meluncur ke lokasi sesaat setelah ada warga yang menghubungi. Bersama dengan warga, tim pemadam kebakaran berusaha menjinakkan api, namun sangat disayangkan, berbagai benda pusaka tidak sempat diselamatkan.

Istana Sayap adalah istana kebanggan Kesultanan Pelalawan. Istana yang memiliki luas 4.327 m² ini dibangun dalam dua periode pemerintahan di Kesultanan Pelalawan, yaitu masa pemerintahan Tengku Sontol Said Ali (1886-1892 Masehi) hingga selesai dibangun pada tahun 1896 ketika dipimpin oleh Sultan Syarif Hasyim II (1892–1930 M). Arsitektur Istana Sayap sarat muatan filosofi Melayu Riau yang diwujudkan dengan 3 bangunan utama, yaitu Bangunan Induk, Bangunan Sayap Kanan, dan Bangunan Sayap Kiri.

Istana Sayap pernah mengalami pemugaran pada tahun 2009. Pemugaran yang dilakukan oleh PT. Riau Andalan Pulp and Paper ini menghabiskan biaya sebesar Rp10,3 miliar. Usai dipugar, secara resmi pengelolaan Istana Sayap diserahkan oleh PT. Riau Andalan Pulp and Paper kepada Pemkab Pelalawan pada 3 Maret 2009. (Tunggul Tauladan/01/02-2012)


Share

Comment Form


« Index