English Version | Bahasa Indonesia
  • Kerajaan Mempawah Beri Gelar Adat Para Tokoh Budaya

    January 03, 2011 14:59

    Pemangku Balai Kajian dan Pengembangan Kebudayaan Melayu (BKPBM) sekaligus Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi www.MelayuOnline.com, Mahyudin Al Mudra, SH., MM., pada Rabu (10/02) malam, mendapat anugerah Yang Mulia Seri Setia Amantubillah dengan menyandang gelar Dato Sri Astana dari Kerajaan Mempawah. Gelar kebesaran kerajaan yang disematkan langsung oleh Raja Mempawah, Pangeran Ratu Mulawangsa Mardan Adijaya, M.Sc., itu diberikan dalam acara ... »

  • Hujan Sambut Kedatangan Raja Mempawah

    January 03, 2011 09:33

    Kedatangan Raja Mempawah, Pangeran Ratu Mulawangsa Mardan Adijaya, bersama rombongan Keraton Amantubillah ke Kuala Mempawah, disambut hujan. Namun hal ini tidak menyurutkan ribuan masyarakat Mempawah untuk menyambut kedatangan rombongan Raja pada napak tilas Opu Daeng Menambon, puncak perayaan Robo-robo, Rabu (10/2) »

  • Sultan Serdang Layak Diangkat Jadi Pahlawan Nasional

    December 30, 2010 13:39

    Sultan Shariful Alamsjah yang merupakan sultan kelima Kesultanan Serdang dinilai layak diangkat menjadi pahlawan nasional karena kegigihannya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan rakyatnya »

  • Pararadya, Jalan Tengah untuk DIY

    December 29, 2010 15:05

    REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pakar tata pemerintahan dari Jurusan Ilmu Pemerintahan (JIP) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, AAGN Ari Dwipayana, mengatakan jalan tengah untuk posisi Kraton Yogyakarta pada Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) adalah adanya lembaga pararadya. Lembaga ini merupakan lembaga khusus sebagai representasi Kraton Kasultanan dan Puro Pakualaman di Yogyakarta. "Jadi Sultan dan Pakualam yang jumeneng (bertahta) ... »

  • Perhelatan Agung II dan Penganugerahan Gelar Adat Kesultanan Serdang

    December 29, 2010 14:22

    Perubahan adalah hukum alam yang selalu terjadi dan penting untuk kita pahami dengan menoleh ke masa lampau untuk menuntun apa yang kita lakukan di masa sekarang. Sementara itu, masa sekarang yang berpijak pada kearifan masa lampau adalah landasan agar tidak salah melangkah di masa depan. Sejarah adalah pengalaman yang merupakan guru untuk membangun kehidupan dan peradaban yang lebih baik dan gemilang. Ia akan menuntun langkah-langkah kita, ... »

  • Pangeran Khairul Saleh Lakukan Ritual Badudus

    December 27, 2010 13:22

    Banjar, Wisatamelayu.com - Ritual Badudus dihelat pada hari Jum?at (10/12) di Mahligai Sultan Adam, Jalan Jenderal A. Yani No. I, Martapura sekaligus rangkaian dari upacara penobatan Pangeran Khairul Saleh sebagai Raja Muda Kesultanan Banjar. Penobatan akan diselenggarakan pada hari Minggu (12/12). Pada kesempatan ini, ritual Badudus dihelat dalam rangka penerimaan status (gelar) kepada Raja Muda Banjar, Pangeran Khairul Saleh. Selain Pangeran ... »

  • Dewan Adat, Solusi Monarki Yogyakarta

    December 20, 2010 11:02

    MEDAN - Wacana mengenai isu monarki Yogyakarta yang dilontarkan Presiden SBY menjadi polemik di berbagai kalangan, khususnya warga Yogyakarta. Namun, ungkapan Presiden itu harus disikapi dengan sebuah solusi yang positif dan cerdas. ?Yogyakarta adalah kota pendidikan, sebaiknya warga Yogyakarta menyikapinya dengan cerdas dan mampu menawarkan solusi yang berimbang,? ungkap Syafruddin Pohan, analis komunikasi politik Universitas Sumatera Utara, ... »

  • Keraton Surakarta Tempuh Jalur Hukum

    December 20, 2010 10:48

    SOLO (Suara Karya) Tuntut Daerah Istimewa Surakarta (DIS), Keraton Surakarta siap menempuh jalur hukum. Bahkan jika diperlukan, pihak Keraton Surakarta akan mengajukan tuntutan tersebut kepada Mahkamah Konstitusi (MK). »

  • Raja Muda Kesultanan Banjar Ditabalkan

    December 14, 2010 10:56

    Martapura, MelayuOnline.com ? Setelah sempat mati suri selama lebih dari 100 tahun, akhirnya Kesultanan Banjar bangkit kembali. Pada hari Minggu (12/12), atau bertepatan dengan tanggal 6 Muharram 1432 H, Pangeran Haji Gusti Khaerul Saleh dinobatkan sebagai Raja Muda Kesultanan Banjar. Prosesi penabalan yang diselenggarakan di Mahligai Sultan Adam, Jalan Ahmad Yani No. 1, Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, ini berlangsung ... »

‹ First  < 14 15 16 17 >