English Version | Bahasa Indonesia
  • Fomari Moi, Tarian Kontemporer dari Kesultanan Ternate Buka Legu Gam

    April 04, 2011 11:04

    Tarian Fomari Moi, tarian kontemporer yang menggabungkan sejumlah tarian tradisional di Maluku Utara, dan Rampak Tifa, permainan alat musik tifa, membuka acara Legu Gam 2011, pesta rakyat Maluku Utara, di Ternate, Sabtu (2/4). Tarian Fomari Moi yang diperagakan puluhan penari pria dan perempuan itu digelar di Lapangan Ngara Lamo, depan Kadaton (Keraton) Kesultanan Ternate. Pertunjukan tarian mampu menyedot ribuan warga Ternate untuk hadir. »

  • Patung Peningalan Kerajaan Majapahit Ditemukan

    April 04, 2011 11:00

    Benda bersejarah peninggalan zaman kerajaan Majapahit ditemukan di Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Sebuah sumur tua dan dua kepala patung mirip Dewa Siwa ditemukan seorang pembuat bata merah yang berjarak 1 Km dari situs kolam Segaran Kerajaan Majapahit, Minggu 3 April 2011. »

  • Kerajaan Sekar, Perintis Penyebaran Islam di Bumi Cendrawasih

    April 02, 2011 12:56

    Keberadaan Kerajaan Sekar Fak Fak menjadi salah satu bukti keberagaman adat dan budaya di Bumi Cenderawasih, Papua. Di masa lampau, Kerajaan Muslim ini terkenal sebagai penyebar Islam di Papua. "Kami ini bagian dari peradapan Papua yang telah mengikuti perkembangan zaman sejak ratusan tahun lalu," kata Putri Raja Al Alam Ugar Pik-Pik Sekar, Hj. Dr. Rustuty Rumagesan. »

  • Bate Salapang, Penyatu Perserikatan Kerajaan Gowa

    April 02, 2011 12:49

    Jari-jemari yang sudah keriput itu membuka lembaran buku yang diambil dari lemari. Ia lalu menunjukkan isinya yang bercerita tentang sejarah Kerajaan Gowa. "Inilah buku sejarah Kerajaan Gowa. Mitos kemunculan Raja Gowa pertama ada di buku ini," kata Abdul Razak Daeng Jarung Daengta Gallarang Tombolo, 67 tahun, salah satu dari anggota dewan adat Gowa yang tergabung dalam Bate Salapang. »

  • Raja Bali Hadiri Pelantikan Raja Sirisori Islam

    March 30, 2011 10:51

    Raja Bali Majapahit, Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna M. Wedasteraputra Suyasa III menghadiri pelantikan Raja Negeri Sirisori Islam, Johny Karim Pattisahusiwa. Upacara pelantikan yang digelar pada (26/3) ini dihelat di balairung Kerajaan Negeri Sirisori Islam dan rumah adat yang terletak di Kecamatan Saparua, Kabupaten Maluku Tengah. »

  • Istana Niat Lima Laras Segera Dipugar

    March 30, 2011 10:37

    Istana Niat Lima Laras yang terletak di Desa Lima Laras, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara, segera dipugar pemerintah. "Istana tersebut merupakan peninggalan budaya dan sebagai daerah tujuan wisata di Sumatera Utara," kata staf Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Pemuda Olahraga Kabupaten Batu Bara, Roy (35) pada Pameran Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) di Medan, Sabtu (26/3). »

  • Al Quran Tertua Ramaikan Festival Legu Gam Ternate

    March 29, 2011 10:36

    Kesultanan Ternate pada Kamis (24/3) mendatangkan Al Quran tertua se-Asia. Al Quran ini berasal dari Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT) milik Kesultanan Ternate, yang akan ditampilkan pada Festival Legu Gam pada 1-16 April 2011. »

  • Kesultanan Kutai Kartanegara Tak Setuju Lembuswana Ganti Nama

    March 22, 2011 14:52

    Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura tak setuju terhadap keinginan DPRD Kukar mengenai rencana mengubah nama Patung Lembuswana yang terletak di Pulau Parai Kumala. Kesultanan menyebut, masalah di patung itu tak bisa diselesaikan semudah dengan mengubah nama saja. »

  • Keraton Landak Tidak Berpolitik

    March 16, 2011 15:48

    Pangeran Ratu Kerajaan Landak, Gusti Suryansyah menegaskan bahwa pihak kerabat Keraton Ismahayana Landak akan mendukung terhadap kesuksesan pelaksanaan pilkada Landak periode 2011-2016 yang akan digelar 9 Juni 2011 mendatang. ?Saya menegaskan bahwa pihak Keraton Ismahayana Landak tidak ikut berpolitik. Tetapi Kerabat Keraton tidak terikat dengan hal itu. Artinya, silahkan saja kerabat Keraton jika mempunyai kepentingan-kepentingan politik ... »

  • Kesultanan Ternate Akan Gelar Festival Legu Gam

    March 12, 2011 10:11

    Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) Jero Wacik direncanakan akan membuka Festival Legu Gam di Ternate, Maluku Utara, pada 1 April dan akan berakhir pada 16 April 2011. "Kami sudah melakukan konfirmasi kepada Kemenbudpar dan sudah ada kepastian Menbudpar Jero Wacik bersedia membuka Festival Legu Gam tersebut," kata Ketua Umum Legu Gam Arifin Djafar di Ternate, Rabu (9/3/2011) »

‹ First  < 11 12 13 14 15 >  Last ›