English Version | Bahasa Indonesia

Stempel kerajaan

Stempel Kerajaan Mempawah berbentuk sebuah lambang yang memuat falsafah. Bentuk tersebut merupakan lambang Kerajaan Amantubillah. Berikut ini merupakan keterangan (makna) dari masing-masing lambang: 

1.      Mahkota Bertitik 13

Menandakan bahwa mahkota adalah simbol pemegang kekuasaan kerajaan. Sedangkan titik sejumlah 13 buah menandakan bahwa Kerajaan Mempawah kini dipimpin oleh Raja ke-13.

2.      Payung yang mempunyai ujung trisula

Menandakan bahwa tiga ujung yang dicari selama hidup di dunia adalah hidayah, rahmat, dan ampunan dari Tuhan Yang Maha Esa dan akan kembali kepadaNya. Sedangkan payung bermakna memayungi keilmuan tentang ketuhanan dan kemanusiaan.

3.      Bintang segi enam di dalamnya terdapat huruf “Mim, Ha, Mim, Dal”

Bintang segi enam melambangkan rukun iman dan enam perkara. Sedangkan huruf “Mim, Ha, Mim, Dal” bersatu menandakan bahwa Tuhan Yang Maha Esa menyertai Muhammad SAW.

4.      Pedang dan tombak bersilang

Menandakan bahwa semua kesatuan kerajaan harus dan wajib tetap dipertahankan dengan kemampuan tiga paca’, dan pertahanan terakhir menggunakan senjata, jika memang harus diperlukan.

5.      Sayap ayam jago berbulu 9 di kanan dan 9 di kiri

Menandakan 99 Asmaul Husna

6.      Peta Negara Kesatuan Republik Indonesia

Menandakan bahwa Kerajaan Mempawah akan selalu menegakkan benteng budaya sebagai ketahanan nasional

7.      Padi dan kapas

Menandakan kesejahteraan dunia dan akherat

8.      Rangkaian pita Amantubillah

Menandakan bahwa kita aman beserta Allah SWT dan kita beriman kepada Allah SWT dengan keyakinan yang didasari oleh akal dan pikiran.

Read : 907 time(s)
« Collection

Share

Comment Form